8 Makhluk Mitos Jepang

Setiap kebudayaan yang ada di dunia tak lepas dari kisah mitos atau cerita rakyat turun-temurun yang sudah menjadi legenda yang di percaya oleh sebagian besar bangsa yang memiliki tradisi yang kuat. Jepang adalah salah satu negara yang memegang erat tradisi mereka dan sampai sekarang masih mereka lestarikan. Tak jarang jika di negara ini banyak sekali makhluk-makhluk mitos karena tradisi dan budaya yang kental. Kali ini saya akan sedikit membahas tentang beberapa makhluk mitos yang ada di Jepang. 



1. Yokai Oni
Yokai Oni adalah makhluk mitologi Jepang yang kuat, jahat dan menakutkan yang di percaya memiliki kekuatan supranatural untuk mendatangkan bencana. Sejak zama Heian  Yokai Oni di gambarkan bertubuh raksasa, rambut keriting, memiliki 2 tanduk, taring dan kuku yang tajam dan bersenjatakan gada berduri tajam.
Kata Oni berawal dari kata On'yomi yang berarti menyembunyikan, Kata Oni awal nya untuk roh yang tak terlihat atau dewa-dewa yang menyebabkan bencana atau hal buruk lain nya. Seiring berjalan nya waktu, penggambaran Oni sekarang lebih di gambarkan seperti Ogre.





2. Akamataa 
Akamataa adalah makhluk mitos yang berasal dari wilayah Okinawa, mahkluk ini di gambarkan dengan bertubuh ular di bagian bawah dan bertubuh manusia di bagian atas. Makhluk ini di kisahkan tinggal di dasar laut di sekitar pulau Okinawa, terkadang Akamataa naik ke permukaan untuk mencari pria yang mau di jadikan nya istri dan tinggal di dasar laut tanpa kembali ke permukaan dengan balasan memenuhi semua permintaan dan kebutuhan pasangan nya selama hidup nya.







3. Gashadokuro
Gashadokuro awal nya adalah tubuh tentara korban kelaparan yang mati membusuk di sebuah ladang, mereka Yokai karena mereka tidak mendapatkan penghormatan terakhir dan penguburan yang layak. Makhluk ini di gambarkan dengan berwujud tengkorak raksasa yang berasal dari tulang belulang korban kelaparan. Makhluk ini muncul dan bergentayangan pada saat malam hari untuk berburu manusia dengan memakan kepala mereka.
Kedatangan makhluk ini selalu di iringi dengan suara berdering yang keras di telinga, pada saat ini manusia sebaiknya lari bersembunyi, jika tidak makhluk ini akan menggigit kepala anda sampai lepas dari tubuh anda.






4. Kappa 
Kappa yang berarti "anak sungai" adalah makhluk mitos yang berasalah dari Jepang selanjutnya. Kappa biasa nya di gambarkan mirip manusia dengan tinggi seukuran anak-anak yang memiliki kulit bersisik yang berwana hijau, kuning, atau biru, Kappa di perkirakan hidup di setiap sungai atau perairan di Jepang. Ciri-ciri Kappa adalah memiliki selaput yang ada di setiap kaki dan tangan nya dan memiliki mulut yang seperti  paruh. Dan yang paling menonjol adalah cekungan yang ada di atas kepala nya, cekungan itu dianggap sebagai sumber kekuatan Kappa untuk menggoda manusia dan menenggelamkan mereka di bawah air.

5. Ningyo
Ningyo yang berarti manusia ikan atau yang lebih di kenal dengan putri duyung dari jepang. Menurut cerita ia di gambarkan memiliki mulut monyet dengan gigi-gigi kecil seperti ikan, sisik berwarna emas mengkilap, dan bersuara pelan seperti seruling. Daging dari makhluk ini di percaya memiliki rasa yang enak dan barang siapa yang memakan nya akan mendapatkan umur panjang, tapi barang siapa yang menangkap Ningyo maka akan terjadi bencana badai yang ganas di lautan. Jika ada nelayan yang tak sengaja menangkap nya saat menjaring ikan ikan, mekera akan segera melepaskannya lagi kelautan. Jika ada Ningyo yang terdampar di pantai di percaya akan mendatangkan adanya perang atau malapetaka lain nya.

6. Sennin
Senin adalah makhluk mitos yang di gambarkan seperti manuasia abadi atau bisa di sebut dewa yang hidup di atas sebuah gunung. Mereka dikatakan memiliki kekuatan supranatural yang tinggi dan juga sering muncul menemui masyarakat di dalam mimpi.
Dalam mitologi bangsa Jepang dikatakan ada sekitar 500 Sennin, namun hanya beberapa saja yang cukup di kenal oleh masyarakat Jepang.














7. Tengu
Tengu adalah makhluk mitos Jepang yang di gambarkan perpaduan antara manusia dan burung. Tengu adalah salah satu Kami penunggu gunung atau yokai yang erat hubungan nya dengan burung elang. Tengu di gambarkan berpakaian seperti pendeta Yamabushi yang menempa diri di hutan dan gunung. Tengu memiliki hidung yang panjang, sepasang sayap dan kuku-kuku yang panjang, tengu dapat terbang bebas dengan membawa tongkat kongozue, pedang tachi, dan kipas beberbentuk daun hauchiwa.
Dalam alirana agama Buddha, tengu di anggap sebagai roh jahat karena mereka selalu menghalangi orang yang ingin memperdalam aliran Buddha.




8. Yurei
Dalam mitologi Jepang Yurei adalah roh atau hantu atau jiwa yang setengah mati. Makhluk ini di gambarkan dengan rambut hitam panjang yang acak-acakan, memakai kimono yang berwarna serba putih, tangan yang menjuntai lemas dan tidak memiliki kaki sehingga dia tampak melayang di udara, biasa nya Yurei selalu di temani dengan Hitodama atau bola api di belakang nya yang berwarna biru, hijau  atau ungu yang merupakan bagian terpisah dari Yurei itu sendiri.
Menurut kepercayaan masyarakat Jepang, manusia memiliki roh atau jiwa. Saat seseorang itu meninggal, roh akan meninggalkan tubuhnya dan menuju ke tempat penyucian, tempat mereka menunggu upacara pemakaman dan pasca pemakaman yang layak agar mereka mampu berkumpul dengan para leluhur. Jika ritual ini di laksanakan dengan benar, maka roh tersebut di percaya akan menjadi pelindung bagi keluarga yang di tinggal kan dan akan kembali di perayaan Obon di bulan agustus.
Namun jika seseorang meninggal dengan cara yang tidak lazim atau ritual yang di laksanakan tidak benar maka roh tersebut akan menjadi Yurei yang dapat menyeberangi batas alam baka dengan alam fana. Yurei akan tetap berada di dunia manusia sampai mereka tenang dan bebas dari emosi kuat seperti dendam, kecemburuan, atau kebencian. Yurei akan kembali ke alam baka dengan cara mendoakan nya melalui upacara yang layak dan benar atau dengan memenuhi keinginan mereka yang belum tercapai di dunia ini. Jika upacara berjalan tidak semesti nya maka Yurei akan tetap bergentayangan di dunia manusia.


sumber : google

Related Posts:

0 Response to "8 Makhluk Mitos Jepang"

Post a Comment