Tempat Dan Makanan "HALAL" Di Jepang

Bagi kita warga Indonesia yang sebagian besar ber Agama Muslim yang ingin berwisata ke Jepang pasti memiliki kendala tersendiri. Minimnya jumlah Umat Muslim di Jepang membuat kita harus berhati-hati dalam memilih makanan dan melakukan kewajiban kita. 

Tapi dalam beberapa tahun terakhir pemerintah Jepang giat melakukan verifikasi sertifikat Halal untuk beberapa restoran dan tempat makan di Jepang dan juga membangun beberapa tempat sholat di tempat umum seperti Bandara, Mall dan Restoran. 


Karena sekarang sudah semakin banyak restoran yang memiliki sertifikat Halal di Jepang, kita seharus nya tidak terlalu sulit untuk mencicipi makanan khas Jepang seperti Ramen. Meskipun memiliki sertifikat Halal tapi kita juga harus pandai memilih bahan makanan nya. 

TIPS MEMILIH MAKANAN

Ada beberapa makanan khas Jepang yang cukup aman kita konsumsi untuk muslim, seperti Sushi (kecuali Unagi dan Anago yang biasa nya menggunakan saus dari Sake atau Mirin), Sashimi, Soba, Udon, Tempura(hindari penggunaan saus Sake dan Mirin), Ikan Bakar atau berbagai menu variasi ayam. 

Meskipun mendapatkan sertifikat Halal, tidak semua bidang restoran adalah Halal. Ada beberapa kategori yang ada di Restoran Halal, jadi ada baik nya kalian memperhatikan kategori masing-masing restoran. 
  1. Kategori M : Menggunakan Daging Halal
  2. Kategori O  : Pemilik/Koki adalah Muslim
  3. Kategori A  : Tidak ada Alkohol
  4. Kategori V  : Menu Vegetarian 
  5. Kategori C  : Sertifikisi Halal

Salah satu Restoran Ramen di Asakusa, Tokyo adalah Restoran Ramen yang bebas kandungan babi. Selain ini di Restoran ini kalian juga bisa Sholat di tempat ini. Restoran ini cukup dekat dengan Kuil Sensoji, sekilas Restoran ini tampak tidak berbeda dengan Restoran Ramen lain nya. Yang membedakan adalah Kaldu/Kuah Ramen yang biasa nya menggunakan kaldu babi ini di ganti dengan paduan bonito dan kombu yang biasa di gunakan dalam pembuatan ramen kuno. 



Terkenal dengan Restoran Ramen bersirtifikat Halal, wajar jika mayoritas pengunjung nya adalah Muslim. Restoran ini menyediakan Mushola di lantai 2 lengkap tempat Wudlu, Sajadah dan juga arah Kiblat.





Jika kalian di Jepang dalam kurun waktu yang cukup lama dan sudah bosan dengan makanan khas Jepang dan kalian merindukan masakan khas Indonesia kalian tidak perlu bingung. Karena di Jepang banyak Restoran Indonesia yang menjual makanan khas Indonesia. Seperti "Restoran Cabe" yang ada di Meguro, Tokyo ini, restoran ini 100% halal asli Indonesia. Lokasi nya yang tidak jauh dari KBRI dan Sekolah Indonesia Tokyo ini tidak pernah sepi pengunjung sehingga banyak sekali staf atau siswa-siswi yang datang ke restoran ini. 

Menu di Restoran ini benar-benar Indonesia banget, seperti Mie Ayam, Martabak, Tongseng Kambing, Tahu Telur dan banyak lagi.


Selain menjual makanan khas Indonesia, Restoran ini juga menyediakan tempat beribadah seperti Mushola bagi Umat Muslim. Dan juga tempat ini mungkin bisa sedikit mengurangi rasa rindu kalian akan Indonesia dengan suasana yang nyaman.

Itu tadi adalah sedikit menu yang ada di Restoran Cabe ini, jika kalian penasaran dengan menu yang lain nya, kenapa kalian tidak mampir saja ke Restoran ini jika kalian sedang berkunjung ke Jepang. 

Untuk sekarang di beberapa Hotel berbintang Tokyo pun ada juga yang memiliki sertifikasi Halal. Jika kalian memesan sebuah kamar di Hotel yang memiliki sertifikasi Halal kalian juga akan mendapatkan Sajadah dan Sarung dari Management Hotel yang bisa kalian gunakan beribadah di kamar hotel. 

Untuk di beberapa tempat umum pun sekarang juga sudah di sediakan tempat beribadah seperti di Bandara Internasional Narita 


dan beberapa Mall di Jepang juga menyediakan tempat beribadah yang juga di lengkapi dengan tempat Wudlu dan arah Kiblat. 








Selain di prasarana umum seperti Hotel, Bandara, Stasiun, Restoran dan Mall, di Jepang juga terdapat Masjid besar untuk menampung Umat Muslim yang ada di sana. Seperti di Tokyo ada Masjid Camii yang sangat terkenal di Tokyo yang terletak di dekat Stasiun Yoyogi Uehara.



Masjid Camii adalah Masjid terbesar yang ada di Jepang, ornamen dari Masjid sangat indah sehingga banyak Jepang non-Muslim banyak berkunjung untuk melihat kehindahan nya.

Jika tadi ada Masjid terbesar di Jepang, kini ada Masjid tertua di Jepang. Masjid yang di bangun pada Oktober 1935 itu adalah Masjid Kobe yang terletak di Kitano-cho,Kobe. Walaupun pada tahun 1995 terjadi musibah gempa bumi yang menewaskan ribuan warga kota, tapi Masjid Kobe tidak mengalami kerusakan yang berarti.

Selain dua Masjid besar di atas, di Tokyo juga ada beberapa Masjid/Musholla antara lain Masjid Otsuka yang berada di Ikebukuro, Masjid Dar-el Arqam yang ada di Asakusa, Masjid As-Salam di Okachimachi dan juga di Kedutaan Besar Indonesia terdapat Masjid.

Selain di Tokyo, Masjid besar juga tersebar di beberapa Kota Besar di Jepang. Seperti  Masjid Nagoya yang di bangun pada 1998 yang terletak di Nakamura-ku, Nagoya. Sementara itu di pulau paling selatan di Jepang, Kyushu terdapat Masjid Fukuoka yang terletak di Higashi-ku, Fukuoka dan dapat di capai dengan berjalan kaki dari stasiun JR Hakozaki.




Sumber : Gugel Masjid di Japan Halalan Restaurant 



Related Posts:

1 Response to "Tempat Dan Makanan "HALAL" Di Jepang"

  1. Makanan halal merupakan hal penting bagi orang Islam, karena itu gak heran apabila pesawat2 juga mulai menyediakan Makanan halal di pesawat .

    ReplyDelete